1. Top
  2. Perusahaan Kami
  3. Filosofi Perusahaan

Filosofi Perusahaan

Kami membudayakan dan mewujudkan Prinsip Tindakan dan Pandangan Nilai yang patut dibagi untuk mewujudkan Cita-Cita Unicharm

Pada tahun 1974, Unicharm menyatakan dalam Dasar Perusahaan bahwa perusahaan bertumbuh bersama dengan masyarakat, dan menjadikan hal ini sebagai pedoman pengelolaan perusahaan. Lalu pada tahun 1999, mendeklarasikan "Tekad & Janji" dan "Prinsip Tindakan Perusahaan", serta "Lima Semangat Perusahaan Kita dan Prinsip Tindakan Karyawan", dan pada tahun 2017 kami mengganti budaya perusahaan yang sudah dibentuk dari awal pendirian perusahaan, yaitu 3 DNA menjadi BOP-Ship sebagai 3 DNA baru, sebagai nilai yang sama yang dipahami oleh seluruh karyawan.

 

Di Unicharm, kami menjadikan perwujudan SDGs sebagai purpose (tujuan), dan untuk merealisasikannya, kami melakukan back casting dengan 3 tahapan yaitu “Mission, Vision & Value” untuk menciptakan inovasi, demi mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

 

Misi kami adalah merealisasikan masyarakat simbiosis dimana manusia dan partner animal (hewan peliharaan) dapat hidup berdampingan. Visi yang merepresantasikan cara untuk mewujudkan hal itu adalah filosofi perusahaan kami yaitu NOLA & DOLA, yang mana NOLA & DOLA singkatan dari Necessity of Life with Activities & Dreams of Life with Activities, dengan NOLA mewakili penyelesaian masalah, dan DOLA adalah impian dan harapan untuk menemukan issue dan masalah. Dengan kata lain hal yang terpenting adalah menjadi perusahaan yang menjadikan teknologi untuk mengubah ketidaknyamanan menjadi kenyamanan sebagai kompetensi inti. Lalu value yang menjadi dasarnya ialah model manajemen "Manajemen Resonansi" yang sudah terpenetrasikan secara menyeluruh di seluruh bagian organisasi secara global.

Dengan slogan perusahaan NOLA&DOLA, Unicharm terus mengembangkan kegiatan perusahaan dengan harapan dapat memberikan kehidupan yang nyaman bagi semua orang di seluruh dunia. Melihat kembali aktivitas sejak pendirian Unicharm di tahun 1961, kami telah berhasil berkontribusi dalam menghilangkan "ketidaknyamanan" "kesulitan" "ketidak bersihan" yang diungkapkan melalui NOLA. Sedangkan untuk DOLA yang baru kami mulai upayakan yaitu untuk memberikan kesenangan dan kebahagiaan hidup kepada semua orang melalui penyediaan produk dan pelayanan.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebiasaan pembelian konsumen pun semakin beragam, sehingga untuk dapat menjawab kebutuhan ini dengan baik, maka harus menggunakan teknologi digital. Tidak hanya mengandalkan perasaan maupun pengalaman saja, tetapi juga menganalisa data pembelian, serta memvisualisasikan perilaku pembelian konsumen untuk mewujudkan pemasaran yang sesuai dengan setiap kebutuhan konsumen, untuk menjadi brand yang paling dipercaya.

 

Untuk selanjutnya pun, kami akan terus berusaha untuk memberikan produk dan pelayanan yang terbaik dan pertama di dunia yang dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan, demi menciptakan masyarakat yang bersimbiosis dimana semua orang dapat hidup secara mandiri dan mendukung satu sama lain. 

 

Menjalankan strategi dengan "Manajemen Resonansi" dimana jajaran manajemen dan karyawan di garis depan menjadi satu kesatuan

Frontline employees and management share information to ensure they are working toward the same goals

Di Unicharm, manajemen menggunakan masukan dari karyawan di garis depan, dan karyawan di garis depan memahami kebijakan manajemen, berfikir dan bertindak dari sudut pandang manajemen. Keduanya saling berkomunikasi dan memperbesar kekuatan organisasi secara keseluruhan sambil menjaga keseimbangan, lalu manajemen dan karyawan di garis depan bersatu menuju satu target yang sama dengan Manajemen Resonansi yang menjadi sumber kekuatan pertumbuhan Unicharm. Lalu untuk lebih meningkatkan kemungkinan keberhasilan strategi, kami akan terus melaksanakan edukasi SDM global, yaitu SDM resonansi yang memahami DNA, budaya perusahaan dan strategi Unicharm, serta mengirim mereka ke luar negeri secara proaktif.

Dasar Perusahaan

  1. Perusahaan kita, dengan selalu menciptakan produk dan pelayanan terbaik, serta dengan memperluas pasaran di Jepang dan pasaran Internasional, memberikan sumbangan bagi perwujudan kehidupan manusia yang berkelimpahan;
  1. Perusahaan kita, mengusahakan dengan sungguh-sungguh pengelolaan perusahaan yang benar, yaitu yang menyatukan kemajuan dan perkembangan bisnis, kebahagiaan karyawan dan pemenuhan tanggung jawab kemasyarakatan;
  1. Perusahaan kita, dengan mengutamakan semangat kemandirian, meninggikan panji-panji Lima Semangat, dengan berdasarkan kejujuran dan keharmonisan untuk membuahkan hasil kerjasama seluruh karyawan.

(Dibuat tahun 1974)

”Tekad dan Janji" dan Prinsip Tindakan Perusahaan

Janji kepada Konsumen

Perusahaan kita, berjanji untuk mendapat dukungan No.1 dengan selalu mencurahkan seluruh tenaga kami.

Janji kepada Pemegang Saham

Perusahaan kita, berjanji untuk mewujudkan pengembalian profit terbaik di dunia usaha.

Janji kepada Mitra Bisnis

Perusahaan kita, berjanji dengan menjaga hubungan yang adil dan wajar untuk mewujudkan pertumbuhan yang sehat.

Janji kepada Karyawan

Perusahaan kita, berjanji memberikan rasa percaya diri dan rasa bangga kepada setiap karyawan dengan cara mewujudkan kebahagiaan karyawan beserta keluarganya.

Janji kepada Masyarakat

Perusahaan kita, berjanji melalui seluruh kegiatan Perusahaan, akan membantu terwujudnya kepuasan moral dan ekonomi, baik bagi semua orang yang terlibat di dalamnya maupun seluruh masyarakat.

(Dibuat tahun 1999)

"Lima Semangat Perusahaan Kita" dan Prinsip Tindakan Karyawan

Kreasi dan Inovasi

Kami, menghargai penciptaan nilai-nilai baru terhadap masyarakat dan selalu mempunyai tekad untuk membuat perubahan.

Ownership

Kami, mewarisi semangat perintis, dengan pandangan yang menyeluruh, berusaha menciptakan topik pekerjaan dan menyelesaikan demi pencapaian Target Manajemen.

Challengership

Kami, tidak takut gagal, percaya akan tantangan terhadap kemungkinan tanpa batas, selalu memperbaharui kemampuan sendiri, dan membawa sikap pro-aktif.

Leadership

Kami, akan menjadi pemimpin yang mampu memastikan jalan yang harus ditempuh organisasi, dan menggerakkan orang dengan kemauan sendiri.

Fair Play

Kami, melaksanakan kegiatan perusahaan secara adil yang menggabungkan antara semangat menghormati kemanusiaan dan rasa etika yang tinggi.

(Dibuat tahun 1971, direvisi tahun 1999)

Pedoman Tindakan Unicharm Group

Pedoman Tindakan adalah sesuatu yang menunjukkan bagaimana cara bertindak yang baik untuk mempraktekkan Prinsip Tindakan dan Dasar Perusahaan. Karyawan memakainya sebagai petunjuk untuk mengambil tindakan dan membuat keputusan dalam pekerjaan sehari-hari.

BOP Ship

Budaya perusahaan yang terus dijaga dari awal pendirian perusahaan

Dari 3 DNA menjadi BOP-Ship sebagai 3 DNA baru

Di dalam Unicharm yang dapat terus berkembang secara berkelanjutan, terdapat budaya dan jiwa perusahaan yang terus dijaga dari awal pendirian perusahaan, yaitu 3 DNA. Bisnis perusahaan telah berkembang dari Jepang ke Asia, lalu ke Timur Tengah dan semakin banyak karayawan dari berbagai warga negara, sehingga agar lebih mudah dipahami oleh karyawan dari Negara manapun, maka 3 DNA diubah menjadi BOP-Ship. 3 DNA dan BOP-Ship adalah value yang mendukung kegiatan perusahaan, yang mana telah menjadi suatu nilai yang dimiliki oleh seluruh karyawan mulai dari jajaran top manajemen.