1. Top
  2. Investor Relations
  3. Sustainability Report
  4. Message from the President & CEO

Message from the President & CEO

TAKUMI TERAKAWA

PRESIDEN DIREKTUR

Pelaksanaan Strategi Menuju Pertumbuhan yang Berkelanjutan di Tahun 2023

Pertumbuhan yang berkelanjutan menjadi landasan utama bagi langkah-langkah kami di PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Di Tahun 2023, kami memperjuangkan pertumbuhan yang tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Melalui implementasi strategi yang kokoh dan berkelanjutan, kami telah berhasil mencapai langkah-langkah signifikan dalam perjalanan kami menuju keberlanjutan.

Pertama-tama, kami menekankan pentingnya inovasi berkelanjutan dalam produk-produk kami. Dengan memperkenalkan produk-produk yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi, kami tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan jejak lingkungan kami.

Selain itu, Dalam menjalankan Misi kami untuk mewujudkan masyarakat simbiosis Indonesia yang lebih sehat, mandiri, nyaman, dan bahagia melalui produk penyerapan berkualitas, kami juga mengakui pentingnya edukasi sumber daya manusia. Sesuai dengan Visi kami yaitu menjadi perusahaan No.1 yang selalu dicintai oleh seluruh wanita di Indonesia. Oleh karena itu, kami melaksanakan Aktivitas G30 dan Young Executive sebagai bagian dari komitmen kami terhadap pengembangan individu-individu yang menjadi tulang punggung perusahaan kami di masa depan.

Kami percaya bahwa untuk mencapai visi dan misi kami, penting untuk memiliki nilai-nilai yang kuat. Seperti Value yang kami junjung yaitu, kami berkomitmen untuk menciptakan produk dan layanan yang pertama dan kualitas No.1 di Indonesia melalui penerapan OODA Loop dan BOP Ship. Di tahun 2023, kami juga menghadapi berbagai tantangan, tetapi dengan tekad yang kuat dan komitmen kami terhadap prinsip-prinsip keberlanjutan, kami mampu mengatasi mereka dengan sukses. Saya pribadi ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Unicharm Indonesia dan para Pemegang Saham dan para Stakeholders atas kerja keras dan dukungan anda semua dalam mewujudkan misi dan visi kami.

Bertujuan untuk mewujudkan tujuan SDGs yang sesuai dengan slogan perusahaan yaitu “Ethical Living for SDGs”

Pada tahun 2021, kami meluncurkan konsep gaya hidup baru yang disebut “Ethical Living for SDGs” dan di tahun 2023 ini pun kami tetap berkomitmen untuk melakukan aktivitas untuk memberikan kenyamanan tidak hanya bagi lingkungan perseroan tetapi juga untuk para konsumen. Ethical Living for SDGs bertujuan untuk menjadi perusahaan yang maju dan beretika serta menembus seluruh konsumen Indonesia guna mewujudkan lingkungan dimana setiap orang dapat hidup dengan nyaman. Kami mengimplementasikan kegiatan berikut pada tahun 2023 untuk mewujudkan tujuan dari SDGs.

Kegiatan untuk Merealisasikan Lingkungan yang Makmur

  1. Mengingat jumlah sampah semakin meningkat karena pertumbuhan ekonomi, kami telah bekerja sama dengan Japan Foundation, Japan-ASEAN Cooperation, dan Junior Chamber International untuk mempromosikan pentingnya memilah dan mendaur ulang sampah. Dengan original karakter kami yaitu Pokojang sebagai Ambassador, dengan tema “Pemilahan Sampah”, kami menggunakan video dan materi yang telah kami buat sendiri dengan target siswa Sekolah Menengah Atas dan masyarakat umum. Kegiatan ini telah di lakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri di Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada bulan Februari 2023, Pesantren di daerah Jombang – Jawa Timur pada bulan Juni 2023 dan pada 50th Year of ASEAN-Japan Friendship and Cooperation pada bulan September 2023.
  2. Dalam rangka mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan material plastik yang berasal dari minyak bumi yang telah menjadi masalah global, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, kami meluncurkan pembalut wanita menggunakan bahan yang mengandung “Bio Material.” CHARM Daun Sirih+Herbal Bio Material” yang lebih dari 80% bagiannya menggunakan Bio Material yang berasal dari tumbuhan tebu, batu kapur, botanical oil dan getah pinus alami yang kami luncurkan sebagai produk edisi terbatas. Melalui peluncuran produk ini, kami berharap dapat mengurangi penggunaan material plastik yang berasal dari minyak bumi dan mengajak konsumen Indonesia untuk berkontribusi dalam beban lingkungan.
  3. Seiring dengan semakin seriusnya dampak perubahan iklim dari tahun ke tahun, untuk mengurangi emisi CO2 dan mencapai 100% Listrik Energi Baru Terbarukan (EBT), Kami telah memasang dan mengoperasikan PLTS di Factory 1, Factory 3 & anak perusahaan kami Unicharm Non-Woven Indonesia.
  4. Sebagai upaya berkelanjutan, PT Unicharm Indonesia Tbk mengikuti kegiatan Tanam 1150 Pohon “Green Campaign” di Desa Kondang Jaya yang diselenggarakan oleh Karawang International Industrial City sebagai upaya kami untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

Memberikan Pengetahuan Yang Benar Kepada Konsumen

  1. Dengan slogan “AYO SADARI SETELAH MENSTRUASI”, brand produk pembalut wanita kami “Charm”, bekerja sama dengan YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia), kami telah melakukan Ayo Sadari Setelah Menstruasi Fun Walk pada bulan Oktober, sekaligus memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Upaya ini merupakan pertama kalinya di Indonesia dimana Produsen, Lembaga Masyarakat, dan Lembaga Pemerintah berkolaborasi dengan tema Deteksi Dini Kanker Payudara. “Charm” juga berdonasi kepada YKPI sebagai kegiatan edukasi untuk SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan berkontribusi dalam mewujudkan “nol deteksi kanker payudara stadium akhir” yang digalakkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  2. Pada bulan Juli 2023, kami melakukan Penyuluhan pencegahan HIV/AIDS dilakukan dengan tujuan menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2019 secara berkelanjutan di Factory kami di Mojokerto – Jawa Timur.

Kontribusi Sosial Melalui Kegiatan Perusahaan

  1. Pada Januari 2023, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melaksanakan kegiatan donor darah di Factory 3 kami di Ngoro – Jawa Timur dengan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Mojokerto. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan kontribusi sosial dan mewujudkan SDGs No.3 “Kehidupan & Kesejahteraan Bagi Semua Orang”.
  2. Bertepatan dengan hari jadi yang ke-15 tahun, brand popok dewasa PT Uni-Charm Indonesia Tbk yaitu Lifree melakukan konferensi pers bersama Clinical Research Supporting Unit- Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di bulan Mei 2023, untuk mengumumkan bahwa berdasarkan hasil riset pendahuluan yang dilakukan dengan CRSU-FKUI, Lifree Excretion Care (Perawatan Ekskresi dalam hal buang air kecil dan besar) terbukti dapat membantu memperbaiki kondisi kulit agar terhindar dari risiko luka dekubitus pada lansia. Sebagai brand No.1 yang menjadi market leader di kategori popok dewasa di Indonesia, Lifree bertekad untuk berkontribusi pada nol kejadian luka dekubitus melalui produk yang aman, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  3. Kami telah meluncurkan popok untuk anjing ‘Manner Wear’ pada akhir tahun 2023. Kami mendukung “selalu bersama, di mana pun” antara pemilik dan anjing peliharaannya dengan memperluas cakupan aktivitas bersama pemilik melalui Manner Wear, untuk mewujudkan masyarakat yang hidup berdampingan antara hewan peliharaan dan manusia.

Kami yakin bahwa dengan terus memprioritaskan pertumbuhan yang berkelanjutan dan terus melakukan kegiatan yang berkontribusi terhadap SDGs, kami dapat mencapai tujuan kami untuk menjadi perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.