1. Top
  2. Investor Relations
  3. Sustainability Report
  4. Message from the President & CEO

Message from the President & CEO

YUJI ISHII

PRESIDEN DIREKTUR

PELAKSANAAN STRATEGI UNTUK MENCAPAI TARGET DI DALAM KONDISI LINGKUNGAN YANG SULIT DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Di 2021 pun, dampak dari penyebaran COVID-19 yang meluas, merupakan 1 tahun yang sulit bagi seluruh dunia termasuk Indonesia, dan juga bagi Perseroan. Kami ucapkan rasa terima kasih kami kepada seluruh Stakeholders yang telah mendukung seluruh kegiatan kami.

Perusahaan kami berusaha untuk melanjutkan kegiatan bisnis sambil memberikan pertimbangan penuh untuk keselamatan dan kesehatan karyawan dan keluarga, dan seluruh bagian dari Perseroan terus bekerja untuk memenuhi tanggung jawab dalam memasok produk yang sangat diperlukan untuk hidup yang higienis. Dalam hal ini, Perseroan melakukan kegiatan seperti menjaga kesehatan setiap karyawan, patroli ke seluruh pabrik untuk melakukan pencegahan penyebaran Corona, dan di saat yang sama kami juga melaksanakan Vaksin Gotong Royong dan Vaksin yang disediakan oleh pemerintah, sehingga hampir 100% karyawan sudah divaksin ke 2 kali.

Pada tahun 2021, harga minyak mentah dunia dan harga bahan baku melonjak, serta biaya logistik meningkat. Dari tahun 2020 hingga semester pertama tahun 2021, rasio penjualan Perseroan di General Trade (GT) menurun karena pengurangan jam operasional disebabkan PPKM. Namun, sebagai hasil dari langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk mencegah penularan COVID-19 dan lainlain, pertumbuhan yang stabil telah dicapai di semua kategori, melalui peningkatan penjualan di channel minimarket yang berkembang pesat, peningkatan produktivitas di bagian produksi, peluncuran baru produk, dan kelanjutan inovasi produk untuk kategori baru.

MENCAPAI TUJUAN SDGS DENGAN MENGUSULKAN “ETHICAL LIVING FOR SDGS” YANG MERUPAKAN SLOGAN PERSEROAN

Pada tahun 2021, Perseroan mengumumkan "Ethical Living for SDGs", sebuah konsep gaya hidup baru, dan memulai aktivitas nyata untuk memberikan kenyamanan bagi banyak konsumen maupun di dalam perseroan.

Ethical Living for SDGs memiliki tujuan untuk menjadikan Perseroan sebagai perusahaan yang modern dan beretika untuk mewujudkan lingkukan dimana setiap orang mendapatkan lingkungan dengan kemudahan yang mudah, dan kami menyebarkannya untuk seluruh pelaku kehidupan di Indonesia.

Di tahun 2021 kami melakukan kegiatan sebagai berikut:

Kegiatan untuk mewujudkan lingkungan yang makmur dan berkelanjutan

  1. Dengan bertujuan untuk berkontribusi pada konservasi aliran sungai Citarum Provinsi Jawa Barat, Perseroan mendonasikan 1.500 pohon bambu melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang.
  2. Untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan dari penggunaan kantung plastik yang juga merupakan permasalahan dunia, dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Perseroan meluncurkan produk edisi terbatas, yang menggunakan kemasan kertas yang berasal dari bahan 100% daur ulang “Pulp”. Dengan meluncurkan produk dengan kemasan kertas pada pembalut wanita “Charm” dan “Mask Protect Pollution”, diharapkan dapat berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik yang juga sedang diupayakan pemerintah Indonesia saat ini.
  3. Di tumpukan sampah yang menggunung di Indonesia, selain sampah organik tercampur juga sampah popok sekali pakai, dan dengan mereferensi dari pengolahan sampah organik yang menggunakan larva Black Soldier (Maggot), Perseroan telah membuktikan bahwa dengan menambahkan Selulase (enzim) larva agar memakan popok sekali pakai pada bagian Pulp, dapat mengurangi jumlah sampah.
  4. Sebagai upaya keberlanjutan, setiap pabrik juga melakukan kegiatan konservasi energi dan pengurangan limbah untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Memberikan Pemahaman yang benar kepada konsumen

  1. Perseroan menggelar webinar yang bekerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia, untuk mempromosikan "perawatan ekskresi" yang higienis dan ekonomis untuk masyarakat berpenghasilan rendah melalui rekomendasi dan memperkuat penetrasi dari Konsep Lifree Care "2pcs Care".
  2. Perseroan bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), mendukung "Kegiatan Pink Ribbon" dalam sosialisasi pentingnya deteksi kanker payudara sejak dini melalui SADARI, pengecekan di PUSKESMAS dan SADANIS yang juga merupakan kegiatan yang dianjurkan pemerintah Indonesia. Sebagian hasil penjualan didonasikan kepada YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) dan digunakan untuk mendukung program-program YKPI khususnya sosialisasi skrining dan deteksi dini kanker payudara sekaligus mengkampanyekan SADARI.

Kegiatan perusahaan yang berkontribusi untuk masyarakat

  1. Bencana alam seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi dan lain-lain banyak terjadi di wilayah Indonesia. Untuk daerah yang terkena bencana seperti longsor di Sumedang-Jawa Barat, gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, Subang, Karawang dan DKI Jakarta, serta bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang-Jawa Timur, Perseroan memberikan donasi berupa produk, sebagai bentuk dukungan. Sebagai kegiatan tahunan untuk memperingati berdirinya perusahaan, Perseroan melakukan kunjungan ke panti asuhan dan memberikan donasi produk untuk mewujudkan kontribusi Perseroan pada masyarakat sosial melalui kegiatan bisnis.
  2. Dengan meningkatnya penyebaran COVID 19, banyak rumah sakit yang tidak dapat menerima pasien yang terinfeksi, akibatnya jumlah pasien yang harus melakukan isolasi mandiri meningkat. Perseroan yang memiliki dua pabrik di Kabupaten Karawang, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap daerah sekitar, Perseroan memberikan sumbangan berupa produk dan bahan makanan kepada pihak yang membutuhkan melalui Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Karawang.

MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG HIDUP BERSAMA DENGAN PARTNER ANIMAL (HEWAN PELIHARAAN)

Di Indonesia, bencana Covid-19 telah memaksa masyarakat untuk menahan diri dan membatasi diri, dan semakin banyak orang menghabiskan waktu di dalam rumah. Di tengah kondisi meningkatnya jumlah kucing dan anjing peliharaan pun meningkat, sebagai kategori bisnis ke 5, pada tahun 2021 Perseroan memasuki pasar hewan peliharaan. Bertujuan agar pemilik bersama-sama dengan hewan peliharaan bahagia setiap hari dengan tetap sehat dan bersih, Perseroan meluncurkan produk Deo-Toilet untuk kucing dan Deo-Sheet untuk anjing dimana produk ini mempertimbangkan lingkungan dalam kehidupan.

Dengan terus berkontribusi pada 17 tujuan yang ditetapkan dalam SDGs serta kegiatan yang disesuaikan dengan tiap elemen dalam Ethical Living for SDGs yang merupakan Corporate Slogan, Perseroan akan terus berupaya mempersembahkan produk dan jasa yang turut serta menjaga lingkungan dan juga dapat menyelesaikan permasalahan social, sehingga Perseroan dapat berkontribusi untuk pencapaian SDGs.